Sosialisasi IVA Sebagai Screening Awal Kanker Leher Rahim

Panca Karsa II – Sabtu (25/02/2017) berlokasi di Balai Desa Panca Karsa II, Puskesmas Panca Karsa II melakukan Sosialisai IVA atau Inspeksi Visual Asam Asetat kepada ibu-ibu PKK Desa Panca Karsa II dan Desa Makarti Jaya. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bapak Camat Taluditi Irwanto Suparman, S.Ag,.M.Si dan Ibu Ketua TP. PKK Kecamatan Taluditi Ny. Inang Suparman Gafuru, S.Ag. Tes ini sangat sederhana hanya menggunakan asam asetat, atau asam cuka untuk mengetahui lesi prakanker, atau lesi awal sebelum menjadi kanker leher rahim.

IMG_20170225_103223
Peserta Sosialisai IVA (Foto : Hisbullah)

Sosialisasi ini dilakukan untuk mengajak ibu-ibu melakukan pemeriksaan IVA sedini mungkin. Karena tak dapat dipungkiri kejadian kanker leher rahim banyak menyerang wanita usia produktif/pasangan subur. Sosialisasi ini berjalan dengan lancar, dan antusiasme ibu-ibu jelas terlihat dari perhatian yang diberikan ketika sosialisasi berlangsung, serta pertanyaan yang ditanyakan saat sesi pertanyaan.

Diharapkan sosialisasi ini dapat menggugah ibu-ibu untuk tidak takut, dan tidak malu melakukan pemeriksaan IVA, untuk mencegah terjadinya kanker leher rahim. Selain itu,  tes IVA sangat mudah, praktis dan  murah untuk dilakukan dibandingkan tes screening kanker leher rahim lain.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan