Junjung Transparansi, Panca Karsa II Pasang Baliho APBDesa 2017

Panca Karsa II, Minggu 23 april 2017. Aparat Desa Panca karsa II  bekerja bakti memasang baliho Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) didepan Kantor Desa. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk transparansi pengelolaan keuangan desa, dalam hal ini APBDesa, kepada masyarakat. Dalam baliho APBDesa berukuran besar yang terpasang didepan kantor desa dimuat informasi soal besaran dan sumber pendapatan, belanja, dan pembiayaan desa dalam Tahun 2017.

Aparat Desa Bekerja Bakti (Foto : Haeriyah)

Kepala Desa Panca Karsa II Supriadi, memaparkan dalam baliho yang dipasang tersebut mencantumkan mengenai sumber pendapatan Desa, Diantaranya Pendapatan Asli Desa (PAD), Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), Bagi Hasil Pajak dan Retribusi (PBH), dan Bantuan Keuangan Kabupaten (PBK). Demikian juga dengan besaraan SILPA Tahun sebelumnya, serta besaran belanja desa tahun ini dimuat dalam baliho tersebut secara terperinci.

“Tujuannya supaya masyarakat bisa tahu sejauh mana pengelolaan anggaran di desa. Ini sebagai wujud transparansi kepada masyarakat, dan masyarakat bisa memantau langsung dan ikut mengawal pembangunan desa. Dikarenakan APBDesa berlaku selama setahun maka tentunya baliho tersebut akan terus diperbaharui setiap tahunnya” papar Supriadi.

Supriadi berharap, dengan adanya transparansi anggaran yang dikelola desa, masyarakat juga mendapat edukasi akan pentingnya kejujuran dan keterbukaan. Sebab secara tidak langsung hal itu sangat mendidik masyarakat lebih aktif dan peduli terhadap desanya.

Aparat Desa Bekerja Bakti (Foto : Haeriyah)
Baliho Transparansi APBDesa (Foto : Haeriyah)
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan