Minimnya Draenase, Membuat Lahan Sawah Terendam Air ..

Panca Karsa II – Minggu (07/05). Curah hujan diwilayah Desa Panca Karsa II yang sering terjadi membuat beberapa lahan masyarakat petani sawah padi terendam air.

Terendamnya lahan sawah masyarakat akibat masih minimnya saluran pembuangan, atau draenase yang terdapat di dusun Tritunggal. Hal ini terus menjadi keluhan masyarakat tani setempat, karena susahnya dalam membuang air yang menggenangi lahan sawah. Akibatnya beberapa lahan sawah tergenangi oleh air, sehingga berakibat pada tamanan sawah yang tidak bisa tumbuh subur, dan pada ahkhirnya mati.

Alternatif yang dilakukan masyarakat Tritunggal adalah kerja bakti membuat saluran pembuangan air darurat sepanjang 90 meter, sehingga dapat membuang air yang menggenangi sawah masyarakat. Hal ini menjadi bahan perhatian Pemerintah Desa, Daerah maupun Pusat, agar nanti menjadi prioritas dalam pengalokasian dan pembangunan saluran air.

Kepala Desa Panca Karsa II, Supriadi menjelaskan, Pemerintah Desa kedepan akan terus berupaya dalam meningkatakan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur dalam hal pertanian. Sehingga masyarakat petani bisa dengan mudah dalam melaksanakan dan mengelola hasil produksi pertaniannya. (Doc/Heriyah)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan