KEGIATAN PENYULUHAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI DESA PANCA KARSA II

Panca Karsa II, (23/07). Telah diselenggarakan Penyuluhan Pendidikan Anak Usia Dini yang Bertempat Di Aula Kantor Desa Panca Karsa II dan di Hadiri Oleh Kepala Desa Panca Karsa II, Pengurus PKK Panca Karsa II, Staf Dinas Pendidikan, dan Para Undangan.

Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD)adalah jenjang Pendidikan sebelum jenjang Pendidikan Dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang diselenggarakan pada jalur formal,nonformal dan informal.
Mengapa Pendidikan Anak Usia Dini Itu Sangat Penting….???????
berdasarkan hasil penelitian sekitar 50% kapabilitaas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berumur 4 tahun,8 0% telah terjadi perkembangan yang pesat tentang jaringan otak ketika anak berumur 8 tahun dan mencapai puncaknya ketika anak berumur 18 tahun, dan setelah itu walaupun dilakukan perbaikan nutrisi tidak akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif.

Hal ini berarti bahwa perkembangan yang terjadi dalam kurun waktu 4 tahun pertama sama besarnya dengan perkembangan yang terjadi pada kurun waktu 14 tahun berikutnya. Sehingga periode ini merupakan periode kritis bagi anak, dimana perkembangan yang diperoleh pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya hingga masa dewasa. Sementara masa emas ini hanya datang sekali, sehingga apabila terlewatkan berarti habislah peluangnya.

Menurut Byrnes, pendidikan anak usia dini akan memberikan persiapan anak menghadapi masa-masa ke depannya, yang paling dekat adalah menghadapi masa sekolah. “Saat ini, beberapa taman kanak-kanak sudah meminta anak murid yang mau mendaftar di sana sudah bisa membaca dan berhitung. Di masa TK pun sudah mulai diajarkan kemampuan bersosialisasi dan problem solving. Karena kemampuan-kemampuan itu sudah bisa dibentuk sejak usia dini,”

pendidikan anak usia dini itu penting, karena di usia inilah anak membentuk pendidikan yang paling bagus. Di usia inilah anak-anak harus membentuk kesiapan dirinya menghadapi masa sekolah dan masa depan. Investasi terbaik yang bisa Anda berikan untuk anak-anak adalah persiapan pendidikan mereka di usia dini.jelas Bunda Yanti Selaku Pemateri.

Mengapa Perlu Diselenggarakan Pendidikan Anak Usia Dini….????
Tujuan utama: Untuk membentuk anak yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sehingga memiliki kesiapan yang optimal didalam memasuki Pendidikan Dasar serta mengaruhi kehidupan di masa dewasa.
Tujuan penyertaan : untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar(akademik) disekolah. ****( Admin _Sitty)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan