PEMERINTAH DESA BERIKAN BANTUAN STIMULAN JAMBAN TAHAP II KEPADA MASYARAKAT KURANG MAMPU DI DESA PANCA KARSA II

Pengalokasian Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) setiap tahunnya diharapkan dapat meningkatkan pemerataan pembangunan kesejahteraan Desa melalui Peningkatan Pembangunan Kesejahteraan Perekonomian Desa, mengatasi kesenjangan Pembangunan antar Desa serta memperkuat Masyarakat Desa sebagai subjek dari Pembangunan.

Pada hari Selasa 11 Desember 2018. Bertempat di Kantor Desa Panca Karsa II, telah diadakan pembagian Bantuan Stimulan Jamban Sehat tahap ke dua,diserahkan langsung secara simbolis oleh Kepala Desa Panca Karsa II, dan di dampingi oleh Kepala-Kepala Wilayah Setempat.

Kepala Desa Panca Karsa II Bapak SUPRIADI,S.IP. Mengatakan sebagai bentuk pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa Panca Karsa II melaksanakan program pemberian Bantuan Stimulan Jamban Sehat Kepada Masyarakat kurang mampu yang belum memiliki jamban.

Program ini sudah dlaksanankan dari Tahun 2017 sebanyak 110 Paket bantuan stimulan jamban, dan Tahun 2018 sebanyak 69 Paket bantuan stimulan jamban, jadi pada Tahun 2019 sudah tidak ada lagi masyarakat yang membuang air besar sembarangan, karena hampir 100% masyarakat desa sudah memiliki jamban sehat dengan adanya bantuan stimulan jamban tersebut, terang “Supriadi”.

Warga yang medapatkan Bantuan Jamban Sehat pada Tahun ini adalah warga yang belum mempunyai jamban dan belum mendapatkan bantuan jamban pada Tahun pertama.

Gambar Bantuan Stimulan Jamban(Selasa 11/12/2018, Potret Oleh Sitty)

Secara teknis Pemerintahan memberikan Bantuan Stimulan ini berupa.

– 1 (Satu) Buah Paralon

– 1 (Satu) Buah Kloset

– 1 (Satu) Buah KNI

– 2 (Dua) Buah Semen

– 2 (Dua) Buah Bois

Dana tersebut Bersumber dari Dana Desa.

Program Jamban Sehat ini dilakukan untuk memperbaiki pola hidup masyarakat, agar kiranya masyarakat di Desa Panca Karsa II Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABs), KARENA LINGKUNGAN BERSIH, HIDUP SEHAT ITULAH TUJUAN KAMI.”Sambung Bapak SUPRIADI”.

Pemerintah Desa beserta Lembaga-Lembaga dan Pelaksana Kegiatan Desa sering juga melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan jamban, hal ini dilakukan agar kiranya pembangunan jamban ini benar-benar dilaksanakan dengan baik.

Masyarakat Desa Panca Karsa II yang tadinya enggan untuk membangun jamban, akibat tingginya harga material yang dijual di toko-toko, namun setelah mendapatkan bantuan stimulan jamban dari Pemerintah Desa yang berasal dari dana Desa, masyarakat Desa Panca Karsa II merasa sangat terbantu, dan kini sudah mulai membangun jamban sehat, bahkan ada yang sudah selesai pembangunannya.(Admin_Sitty)***.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan